Perpanjang Domain Jika Sudah Expired

Seperti yang kita ketahui, domain memiliki masa aktif. Masa aktif dari domain sendiri pun berbeda-beda. Durasi dan jangka waktu kepemilikan domain ditentukan oleh pemilik domain maupun penyedia domain. Namun, apa yang terjadi jika domain habis masa aktifnya?

Ternyata, saat expired pun domain mempunyai beberapa siklus. Dan artikel ini akan membahas seputar perpanjangan domain juka sudah expired. Langsung saja simak baik-baik artikel berikut ini!

Domain Expired

Domain expired merupakan domain dengan masa aktif yang sudah habis. Pada domain sendiri memiliki masa aktif yang berbeda-beda. Ada yang satu tahun atau dua tahun, tergantung membeli domain dengan jangka waktu apa yang dipilih oleh pembeli domain.

Jika anda sudah memasuki jangka waktu domain, kemungkinan alamat domain anda akan masuk ke dalam status domain expired. Dimana domain yang masa aktifnya sudah habis tidak bisa diregistrasikan kembali secara langsung. Biasanya membutuhkan waktu setelah 80 hari atau 3 bulan setelah masa aktif domain tersebut habis untuk dapat mendaftarkan kembali domain yang sudah expired.

Mungkin bisa menjadi tips untuk anda. Jika anda menginginkan nama domain yang bagus namun domain tersebut sudah expired, anda bisa memeriksa apakah domain tersebut sudah bisa diregistrasikan kembali setelah 80 hari. Anda bisa melakukan pemeriksaan secara berkala agar domain yang anda inginkan tidak diambil oleh orang lain.

Mungkin anda suka:

Status Domain Expired

Ternyata, domain expired memiliki 5 status. Sudah kita bahas sebelumnya bahwa domain expired memiliki beberapa siklus atau tahapan. Domain yang tidak aktif akan masuk ke beberapa periode tahapan sebelum bisa dibeli kembali atau masuk ke dalam list domain available to purchase ( domain bisa dibeli ).

Tahapan itu sendiri terdiri dari active domain, renewal grace period, redemption grace period, pending delete, dan available for registration. Dan kita akan membahas penjelasan lengkap dari setiap siklus yang dilewati oleh domain expired.

  1. Active Domain

Active domain atau status domain yang aktif tidaklah masuk ke dalam siklus domain expired. Dikarenakan tahapan berikut ini adalah tahapan dimana domain yang anda beli sudah aktif sesuai dengan jangka waktu yang telah anda tentukan. Jangka waktu dari domain yang aktif sendiri cukup beragam, tergantung pada saat pembelian anda membeli dengan jangka waktu berapa dan ketentuan yang sudah anda sepakati dengan penyedia domain. Umumnya, rata-rata domain mempunyai masa status domain aktif selama 2 sampai 10 tahun. Setelah masa aktif ini berakhir, domain akan masuk ke tahapan renewal grace period.

  1. Renewal Grace Period

Jika masa aktif dari domain itu habis dan mulai memasuki siklus domain expired, maka langkah pertama yang akan dilalui oleh domain tersebut adalah renewal grace period. Periode ini sendiri berlangsung sekitar 30 sampai 40 hari tergantung penyedia domain pilihan anda saat membeli domain. Dan domain yang sudah expired biasanya akan diparkir oleh registrar di halaman komersial.

Bisa dikatakan juga bahwa periode renewal grace period adalah masa tenggang domain. Dan pemilik domain masih bisa melakukan perpanjangan atau renew domain miliknya dengan biaya yang normal ( belum terkena denda ).

  1. Redemption Period

Disaat domain yang sudah memasuki status domain expired namun belum diperpanjang sampai masa renewal period berakhir, maka akan secara otomatis masuk ke periode berikutnya yaitu redemption period. Domain yang sudah berada di tahap redemption grace period sudah bisa dihapus secara manual oleh domain registrar. Domain tersebut tentunya sudah tidak bisa diakses dan tidak bisa diparkir.

Sebenarnya sang pemilik domain masih bisa melakukan pendaftaran ulang. Hanya saja untuk biaya yang dikenakan lebih mahal dibandingkan biaya perpanjangan domain itu sendiri. Harganya bisa diatas dari harga pendaftaran domain baru. Untuk biayanya bisa mencapai 10 kali lipat harga domain. Namun setiap penyedia domain memiliki kebijakan masing-masing. Untuk masa redemption period sendiri berlangsung sekitar 30 hari untuk sebagian besar ekstensi domain.

  1. Pending Delete

Pada periode ini, jika domain expired tidak langsung didaftarkan ulang pada masa redemption period, maka domain akan secara otomatis masuk ke periode pending delete. Periode pending delete adalah masa persiapan dimana kepemilikan atas domain tersebut akan dihapus secara permanen. Dan nantinya domain akan dilepaskan serta dijual secara umum seperti biasa.

Domain expired yang sudah masuk ke dalam periode pending delete tidak akan bisa diperpanjang lagi oleh pemilik sebelumnya. Biasanya periode ini terjadi selama 5 sampai 7 hari.

  1. Available For Registration

Periode yang terakhir yaitu periode available for registration, dimana dalam periode ini domain yang telah expired sudah menjadi domain regular yang bisa diregistrasi dan dibeli seperti domain baru. Dan periode available for registration biasanya terjadi pada hari ke 7 periode pending delete. Periode ini, nama domain akan kembali ke pasaran dan siapapun bisa membeli domain tersebut.

Sangatlah penting untuk memeriksa status domain secara berkala agar tidak mengalami expired atau masa aktif habis. Jangan sampai domain anda melebihi masa jatuh tempo renewal agar anda tidak perlu membayar biaya besar atau bahkan lebih mahal untuk melakukan redemption atau kehilangan domain secara permanen.

Dan dari semua status atau periode tersebut, anda akan diberikan waktu tenggang selama 40 hari untuk memperpanjang domain jika telah masuk ke dalam periode expired. Dan diberikan waktu 30 hari lagi jika anda ingin menebus domain anda. Nah usahakan jangan sampai domain anda expired karena bisa-bisa dinonaktifkan.

Ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan dalam memiliki domain. Jika anda sudah mendapatkan invoice, segera perpanjang domain. Dan jika domain tersebut sudah expired, segera lakukan perpanjangan sebelum 40 hari. Seperti yang kita ketahui dan sudah kita bahas sebelumnya, domain memiliki masa aktif minimal selama 1 tahun dan harus diperpanjang di tahun berikutnya agar tidak expired dan terhapus dari registrar. Jika domain sudah memasukki periode expired dan terhapus dari registrar, maka status domain akan berubah menjadi available kembali dan dapat didaftarkan oleh siapapun.

Sebenarnya ada beberapa manfaat jika kita membeli domain yang sudah melewati fase expired. Dan bahkan banyak blogger yang membeli domain yang sudah pernah expired ketimbang membeli domain baru. Dikarenakan domain expired tidak perlu membangun popularitas blog dari awal lagi. Domain yang sudah expired memberikan sangat banyak manfaat yang bisa menjadi keuntungan bagi para blogger. Ranking website sudah tinggi, backlink bagus, dan terhindar dari penalti google bisa menjadi kelebihan yang dimiliki oleh expired domain.

Setelah kamu membaca artikel ini, jangan lupa untuk cek status domain kamu agar tidak mengalami expired. Dan jika kamu mulai tertarik untuk membeli domain yang sudah pernah melewati periode expired, tak ada salahnya untuk mencoba.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments