Apa Yang Dimaksud Dengan Domain?

Apa Yang Dimaksud Dengan Domain

Apa Yang Dimaksud Dengan Domain? Domain merupakan sebuah identitas yang digunakan oleh sebuah server website untuk memudahkan user dalam mengingatnya ibaratkan seperti rumah yang memiliki alamat atau seperti Kontak di smartphone yang biasanya menampilkan nama untuk setiap nomor telepon.

Pengertian Domain

Jadi, apa yang itu domain? Arti dari Domain adalah sebuah alamat yang akan mengantarkan kita ke web yang dituju. Nama Domain sendiri terdapat dua buah elemen utama, yaitu nama website itu sendiri dan ekstensi. Sebagai contohnya, Google.com yang terdiri atas nama website (Google) dan ekstensinya (.com).

Jika kalian ingin mempunyai nama domain sendiri, kamu hanya perlu mendaftarkannya kepada organisasi ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang nantinya akan bertugas untuk menentukan ketersediaan ekstensi dan memiliki database yang berisi tentang informasi untuk nama – nama domain yang tersedia.

Apa Fungsi Domain?

Pada dasarnya setiap website akan mengirimkan permintaan kepada server yang akan membangun sebuah sistem domain setelah memasukan sebuah nama domain pada website. Pada website yang kita tuju sebenarnya diwakilkan oleh sebuah angka (IP) yang akan dipakai untuk memahami angka. Akan tetapi, bisa menyusahkan kita untuk mengingat setiap angka tersebut dalam membuka website, ditambah lagi banyaknya website yang harus kita ingat dalam mengakses website. Maka dari itu, dibuatlah sebuah nama yang akan membantu kita dalam membuat website.

Seperti contohnya pada saat mengetikkan google.com, Kita bisa mengakses website Google tanpa harus mengetahui alamat IP dari google itu sendiri. Domain sendiri juga dapat menggunakan redirect untuk membantu kita dalam menentukan pengunjung yang akan memasuki website kita serta akan otomatis diarahkan situs lain. Metode ini sangat bermanfaat bagi Campaign dan Microsite, dan juga dapat membuat pengunjung website anda langsung diarahkan ke halaman khusus yang terdapat pada situs website tersebut.

Domain juga memiliki beberapa opsi yang akan membantu para pengguna dalam kesalahan penulisan kata. Seperti contohnya kita menggunakan URL googl.com, Kita otomatis akan di arahkan kepada website google.com berkat adanya fitur ini.

Mungkin anda suka:

Jenis – Jenis Domain

Secara Umum domain memiliki tiga buah jenis yaitu Top Level Domain, Second Level Domain dan Third Level Domain yang berfungsi sebagai rumus atau aturan yang sama seperti .com yang merupakan website paling banyak digunakan, dengan total penggunaan sekitar 46,5% di seluruh website yang ada, akan tetapi masih ada opsi lain yang dapat kita pilih, seperti .store dan .online. Berikut ini adalah jenis domain yang paling banyak digunakan:

  1. Top Level Domain (TDL)

Top Level Domain (TDL) merupakan ekstensi yang biasa digunakan pada akhir setiap domain. Akan tetapi TDL yang sering digunakan adalah .com, .id dan .gov. Seperti contohnya facebook.com, yang TDL-nya adalah .com.Pada TLD sendiri memiliki jenis seperti:

  • ccTLD(Country Code Top Level Domain) berfungsi sebagai penanda jenis website serta asal dari negara website tersebutr sebagai contohnya .id untuk Indonesia, .au untuk Australia, dan lainnya. Selain itu bayak variasi domain .id yang memiliki tujuan berbeda pada penggunaanya, Contohnya:
  • .ac.id : Digunakan oleh akademisi atau universitas.
  • .co.id  : Digunakan oleh situs web komersial atau aktivitas komersial.
  • .web.id  : Untuk penggunaan pribadi dan organisasi.
  • .go.id  : Digunakan oleh situs web pemerintah dan situs web lainnya.
  • .sch.id  : Digunakan oleh situs web sekolah.
  • gTLD (Generic Top-Level Domain)
    gTLD merupakan domain yang paling umum digunakan di website. Biasanya gTLD tidak menggunakan kode negara seperti contohnya website WHO(World Health Organization) dengan menggunakan domain .int.Kelebihan dari gLTD adalah memiliki harga yang terjangkau dan tidak perlu menggunakan dokumen identitas khusus. Sehingga domain ini menjadi sangat popular digunakan oleh banyak website dunia dan sebagai contoh domain gTLD sebagai berikut:
  • .com : Situs web komersial atau umum.
  • .edu : Situs web pendidikan.
  • .org : Organisasi atau situs web organisasi nirlaba.
  • .net : Jaringan atau situs jejaring/jaringan sosial.
  • .gov : Situs web pemerintah.

 

  • Premium TLD (Premium Top Level Domain)

Premium TLD merupakan domain yang memiliki ekstensi yang lebih spesifik dalam konten yang terdapat pada website tersebut. Tentu saja, organisasi besar di industri tertentu sering menggunakan TLD canggih ini untuk memudahkan identifikasi. Beberapa contoh TLD yang popular adalah .store, .travel, .doctor, .site, .academy, dan lainnya. Karena memiliki spesifikasi yang memiliki harga relatif lebih mahal , domain jenis Premium TLD bisa menjadi pilihan baik karena masih jarang digunakan.

  1. Second Level Domain (SLD)

Jenis domain Second Level Domain, yang sering disebut juga dengan SLD. SLD sendiri lebih berfokus terhadap nama instasi, organisasi atau nama yang digunakan. Sebagai contoh nama domain facebook.com, nama “Facebook” merupakan Second Level Domain.

  1. Third Level Domain

    Secara awamThirld Level Domain atau 3LD artinya nama domain yang biasa kita berikan pada bagian awal sebuah nama domain, lebih tepatnya di depan SLD. seperti misalnya domain “blog.google.com”, maka bagian “blog” inilah yg diklaim dengan Thrid Level Domain.

  • Addon Domain
    Addon Domain merupakan sebuah nama domain yang ditambahkan setelah kita memiliki domain utama. Tidak sinkron menggunakan subdomain yang masih menjadi bagian dari domain primer, addon domain yang artinya domain idependen dengan kontak yang tidak selaras dan terpisah dari domain primer tersebut.
    Meskipun demikian, pengunjung websitetidak dapat mengethaui dengan sekilas bahwa domain ada pada sebuah server yang sama.
  • Parking Domain
    Parking domain merupakan nama domain yang akan membawa kita ke domain utama. Konsep ini sama seperti redirection, akan tetapi terdapat perbedaan antara parking domain dan redirection. Misalnya jika kamu memiliki website bernama comdan membeli domain lain yang bernama domainpbn.com

Proses redirection akan mengarahkan pengunjung dari domainpbn.id menuju domain utama yaitu domainpbn.com. Sedangkan pada proses parking domain adalah menampilkan dari isi konten yang tersedia pada domainpbn.com sehingga para pengguna website tidak perlu membuka ulang halaman website tersebut.

Kesimpulan
Apakah kalian sudah paham tentang domain? Domain merupakan alamat website yang menggantikan alamt IP Address, sehingga pengguna website dapat mengakses dengan mudah tanpa harus menghapal setiap IP dari berbagai website terlebih dahulu.

Karena domain itu memiliki keunikan, oleh karena itu domain memiliki sistem seperti “siapa cepat , dia dapat”. Jadi apabila domain yang kalian inginkan sudah terdaftar tidak akan bisa membuat domain yang sama sehingga kalian harus secepat mungkin untuk mendaftarkan domain kalian di penyedia layanan domain maupun hosting.

Untuk menggunakan sebuah domain untuk sebuah website, kalian wajib mendaftarkannya ke organisasi ICANN atau Kalian dapat mencari layanan hosting yang terakreditasi oleh ICANN sehingga kalian akan lebih mudah dalam mendaftarkan domain kalian. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan mengenai domain dan subdomain, dan lain – lainnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments